Lima Rekomendasi Makanan Murah Ala Anak Kost UNY

Yogyakarta adalah salah satu kota kecil yang terletak di Pulau Jawa. Letaknya yang strategis membuat kota ini menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan para wisatawan. Tak hanya wisatawan saja, Kota Yogyakarta juga menjadi tujuan bagi para pelajar. 

Banyaknya Universitas Negeri maupun Swasta yang ada di kota ini menjadikan kota ini sebagai Kota Pelajar. Salah satu Universitas Negeri yang cukup familiar adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Memiliki letak yang tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta menjadikan Universitas ini cukup dikenal luas oleh masyarakat. Tak hanya masyarakat Kota Yogyakarta saja, namun masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia juga cukup banyak yang mengenal Universitas Negeri Yogyakarta. Banyak dari mereka yang memutuskan untuk mengenyam pendidikannya di UNY. Maka dari itu, mereka harus hidup mandiri dan jauh dari keluarganya.

Selain itu, mahasiswa terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana atau minimalis. Uang untuk biaya hidupnya yang terbatas membuat mahasiswa harus memutar otak untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya selama di perantauan. Kebutuhan yang sangat utama adalah kebutuhan makan. Untuk itu berikut beberapa makanan Ala anak kost yang cukup murah dan mudah dijangkau:

1. Soto dan Sop Pak Nanto 

Soto dan sop adalah salah satu makanan yang segar dan sangat cocok untuk makan pagi atau sarapan. Harganya yang cukup terjangkau dan letaknya yang tidak jauh dari Universitas Negeri Yogyakarta menjadikan Soto dan Sop Pak Nanto primadona bagi sebagian mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Harga semangkuk soto yang terbilang cukup murah yaitu seharga 9 ribu rupiah saja sudah dapat mengisi perut mahasiswa sebelum memulai kuliah. Tidak hanya soto dan sopnya saja, namun hidangan pelengkapnya seperti keripik tempe dan juga sate-satean yang dijual di sana juga menggoda selera para pembelinya. Perpaduan kuah soto yang segar dengan tambahan keripik tempe yang renyah dijamin membuat perut mahasiswa kenyang dan siap menjalani hari.

2. Penyetan Mas Kobis 

Penyetan Mas Kobis terkenal dengan harganya yang murah. Bahkan Penyetan Mas Kobis memiliki banyak cabang yang sangat dekat dengan kampus-kampus di Kota Yogyakarta. Di sekitar kampus UNY kamu bisa mengunjungi Penyetan Mas Kobis di daerah Klebengan ataupun di sekitar Jalan Kaliurang. Paket makan kenyang yang ditawarkan di sana mulai dari harga 8 ribu rupiah saja. Harga yang cukup murah dan disediakan juga bebas ambil nasi sepuasnya yang menjadi idaman para mahasiswa. Dengan model prasmanan atau ambil nasi sepuasnya tentu saja menarik minat mahasiswa untuk mengisi perutnya yang kosong. Berbagai lauk juga ditawarkan mulai dari telur, tahu, tempe, ikan dan juga ayam yang bisa kamu pilih sesuai dengan seleramu. Sambal untuk penyetnyapun juga bisa kamu request sesuai dengan level pedas lidahmu. Penyetan Mas Kobis ini cocok untuk menjadi menu makan siang setelah menjalani perkuliahan pagimu.

3. Ayam Geprek Preksu

Ayam geprek adalah menu makanan andalan untuk anak kost. Bagaimana tidak? Pasti sebagian besar dari mahasiswa memilih menu makan ini ketika bingung untuk makan. Bahkan ada yang hampir setiap hari menjadikan ayam geprek sebagai menu andalan hariannya. Ayam Geprek Preksu ini menjadi salah satu rekomendasi yang dapat dicoba. Berbagai pilihan macam model dan juga sambalnya dapat menggoda lidahmu untuk merasakan semua menu yang ditawarkan. Nasi yang disediakan juga bermodelkan prasmanan dan bebas refill es teh. Tentu saja menjadi sebuah pilihan para mahasiswa yang ingin menghemat uangnya. Saat dirasa lidahnya mulai kepedasan mereka tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli minum. Harga untuk dapat makan kenyang di Ayam Geprek Preksu juga cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 15 ribu.

4. Mie Gacoan 

Siapa sih yang tidak tahu Mie Gacoan ini? Sudah sangat terkenal sekali di kalangan mahasiswa UNY. Dengan tagline Mie No.1 di Indonesia menjadikan mie pedas ini menjadi menu yang dapat dipilih setelah bosan makan nasi. Pastinya jika tiap hari bahkan tiap menu makan berat berupa nasi tentu saja bosan kan? Mie Gacoan bisa menjadi penyelamatmu untuk mengatasi rasa bosanmu. Pilihan menu yang ditawarkan juga cukup banyak. Mie yang disediakan juga terdapat dua macam yaitu pedas-manis dan juga pedas-asin yang dapat kamu sesuaikan dengan seleramu. Menu pendamping seperti dimsum yang ditawarkan juga cukup banyak seperti siomay, udang keju, udang rambutan, lumpia dan ceker pedas yang sungguh menggoda lidahmu. Untuk minumannya juga cukup bervariasi tidak hanya es teh ataupun es jeruk, Mie Gacoan juga menyediakan berbagai es yang menyegarkan tenggorokanmu setelah makan mie yang pedas. Untuk dapat makan mie ini kamu hanya perlu mengeluarkan setidaknya 15 ribu rupiah untuk sekali makan. Letak yang tidak terlalu jauh dari UNY juga dapat menghemat ongkosmu.

5. Nasi Goreng Sapi Padmanaba 

Salah satu kuliner malam ini tentu sangat tidak asing bagi warga Kota Yogyakarta. Letaknya yang berada di depan SMAN 3 Yogyakarta atau yang biasa dikenal Padmanaba menjadi alasan nama kuliner malam ini. Meskipun hanya berupa warung tenda dan tempat untuk makan pengunjung berupa lesehan yang terbatas, rasa dari nasi goreng yang disajikan tidak kalah enaknya dengan nasi goreng yang disajikan di restoran. Rasa rempah yang sangat terasa di lidah menjadi ciri khas tersendiri bagi Nasi Goreng Sapi Padmanaba ini. Untuk waktu menunggu nasi goreng matang pun juga tidak dibutuhkan waktu yang lama. Cara masaknya yang sungguh hebat menjadi daya tarik bagi pengunjungnya. Nasi goreng sapi ini dimasak beberapa porsi sekaligus. Nasi yang digunakan untuk beberapa porsi dimasak jadi satu dalam sebuah wajan besar namun tidak mengubah rasa tiap porsi nasi gorengnya. Mungkin untuk sebagian mahasiswa, harga nasi goreng ini bisa dibilang pricey. Namun, untuk sepiring nasi goreng dengan daging sapi yang dipotong cukup banyak pada setiap porsinya worth it untuk dicoba. Sepiring nasi gorengnya dijual dengan dua porsi yaitu porsi sedang dan porsi jumbo. Untuk harga porsi sedang yaitu 19 ribu rupiah dan yang jumbo seharga 20 ribu rupiah. Kamu bisa menjadikan nasi goreng ini salah satu menu yang perlu dicoba.



Komentar