5 Prospek Kerja Sesuai Jurusan Sastra Inggris


                                                                       Source: qds.it

Sastra Inggris merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari kesusastraan dan kebahasaan Bahasa Inggris. Sastra Inggris menjadi sebuah jurusan yang menjadi pilihan banyak orang. Salah satu universitas negeri yang memiliki jurusan Sastra Inggris adalah Universitas Negeri Yogyakarta. Tercatat dari laman instagram resmi UNY bahwa jurusan Sastra Inggris dalam satu tahun terakhir memiliki peminat SBMPTN sebanyak 1.218 orang. Padahal daya tampung jurusan Sastra Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta hanya sebesar 32 untuk peserta yang mengikuti SBMPTN. Banyaknya peminat yang ingin masuk jurusan Sastra Inggris mungkin karena prospek kerja yang sangat banyak dan beragam. Berikut prospek kerja yang ditawarkan bagi jurusan Sastra Inggris.

1. Interpreter

Interpreter adalah seorang ahli bahasa yang memiliki keahlian menerjemahkan secara lisan. Tidak hanya secara lisan, interpreter juga harus menjelaskan secara dua arah dan secara langsung di tempat tanpa bantuan kamus ataupun referensi lainnya. Interpreter sangat dibutuhkan di berbagai institusi dan perusahaan terlebih lagi perusahaan asing. Kebutuhan interpreter saat ini terus meningkat dikarenakan banyaknya acara internasional yang digelar di Indonesia. Bahkan banyak juga perusahaan asing yang ingin bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Indonesia saat ini. Hal ini tentu memudahkan lulusan Sastra Inggris untuk memperoleh kerja baik secara terikat maupun tidak terikat.

2. Translator

Berbeda dengan interpreter, translator merupakan seseorang yang menerjemahkan secara tertulis. Translator tidak hanya menerjemahkan secara harfiah saja. Namun, translator juga berperan penting dalam hasil sebuah terjemahan. Baik tidaknya hasil terjemahan tersebut dinilai dari hasil kerja seorang translator. Translator bertanggung jawab atas hasil terjemahan yang dapat diterima dan dipahami oleh target pembaca. Kebutuhan translator juga cukup banyak sehingga dapat memudahkan lulusan Sastra Inggris untuk bekerja. Translator biasanya bekerja di perusahaan penerbitan buku dan juga bisa bekerja secara freelance.

 

3. Sastrawan

Sastrawan adalah seorang ahli bahasa yang memiliki kemampuan untuk menulis sastra. Sastra saat ini terus berkembang dengan pesat. Kemajuan sastra juga sangat mendorong orang-orang untuk mempelajari sastra lebih mendalam. Tidak hanya itu saja, sastrawan juga bisa menjual hasil karya mereka dengan harga yang tidak murah. Banyak karya-karya sastra yang dijual dengan harga mahal karena bentuk apresiasi kepada karya sastra. Maka dari itu, sastrawan menjadi salah satu profesi yang juga diimpikan oleh sebagian orang khususnya yang sudah mempelajari sastra secara mendalam. Lulusan Sastra Inggris tentu memiliki kemampuan untuk bisa menjadi sastrawan.

4. Tour Guide

Tour Guide atau pemandu wisata tentu harus memiliki cara komunikasi yang baik. Komunikasi sangat diperlukan untuk seorang pemandu wisata. Pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk memberi informasi terkait destinasi wisata tentu saja mewajibkan mereka untuk memiliki kemampuan berkomunikasi. Selain itu, pasti seorang pemandu wisata akan bertemu juga dengan orang asing yang tidak memiliki kemampuan berbahasa Indonesia. Lulusan Sastra Inggris tentu saja memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sehingga memiliki peluang untuk dapat bekerja menjadi pemandu wisata.

5. Content and Copywriter

Content and Copywriter merupakan pekerjaan yang sangat berpotensi untuk saat ini. Content and copywriter adalah seseorang atau bahkan sekelompok orang yang bekerja sebagai pembuat konten dan iklan sebuah produk maupun jasa. Terlebih saat ini, penggunaan platform digital sudah menjadi alat khusus untuk mereka melakukan pekerjaannya. Content and copywriter harus memiliki ide-ide cemerlang untuk membuat iklan tersebut menarik. Ide yang mereka berikan untuk membuat iklan sebuah perusahaan tentu memiliki nilai jual yang tinggi. Banyak dari mereka memiliki gaji yang tinggi untuk sebuah proyek iklan. Hal ini tentu menjadi daya tarik bagi sebagian orang untuk berprofesi sebagai content and copywriter. Lulusan Sastra Inggris sangat bisa bekerja menjadi content and copywriter karena memang mereka dilatih untuk memiliki kemampuan sebagai content and copywriter.

Komentar